Baru Pindah ke Depok? Yuks Kita Hitung kebutuhan Hidup Di Sini

Depok terkenal sebagai kota dengan biaya yang cukup tinggi, sama seperti Kota Jakarta. Jika Anda baru saja pindah ke Kota Depok, ada baiknya untuk menghitung biaya kebutuhan sehari-hari. Dengan begitu, Anda bisa melakukan anggaran dana pengeluaran secara bijak sesuai dengan besarnya pendapatan.


Hitungan Biaya Kebutuhan Hidup di Depok

1. Tempat Tinggal

Apabila Anda seorang perantauan yang belum memiliki tempat tinggal, Anda bisa memilih tinggal di kos, sewa kontrakan rumah, ataupun sewa apartemen. Jika gaji yang diterima besarnya sekitar UMP, sebaiknya pilih saja tinggal di kos-kosan agar lebih hemat.

Anda bisa mendapatkan kos-kosan di Depok dengan harga yang bervariasi antara 650 ribu hingga Rp. 3 jutaan tergantung fasilitas yang dimiliki. Harga sewa rumah di Depok bulanan ini lebih murah dibandingkan sewa apartemen yang berkisar antara Ep. 2 juta hingga Rp.6 juta per bulan.


2. Biaya Konsumsi

Kebutuhan pokok lainnya yang perlu dipikirkan ialah biaya konsumsi atau makan. Jika ingin berhemat, Anda bisa memilih membeli makanan di warteg dekat kantor. Harga per porsi makanan sebesar Rp. 10 ribu hingga Rp. 20 ribu tergantung lauknya. Tentu saja harga ini jauh lebih murah dibandingkan beli di food court mall yang harganya antara Rp.30 ribu hingga Rp. 100ribu per porsi makan.

3. Biaya Transportasi

Untuk menghitung biaya transportasi dari tempat tinggal ke kantor, besarnya bervariasi. Jika jaraknya dekat, biaya lebih murah. Namun, jika jarak keduanya jauh, maka biaya transportasi lebih mahal.

Anggap saja Anda naik bus untuk pergi ke kantor. Biaya sekali pergi adalah Rp. 5.000. Maka perhitungannya sebagai berikut ini:

Rp. 5.000 x 22 hari kerja x 2 (pulang pergi) = Rp. 220.000 per bulan

4. Biaya Lain-lain

Lalu, pertimbangkan adanya biaya lain-lain selama Anda tinggal di Depok. Justru, biaya lain-lain ini biasanya jumlahnya lebih besar dibandingkan kebutuhan pokok. Misalnya, kebutuhan nongkrong di kafe, dana untuk shopping, jalan-jalan ke tempat wisata, ataupun nonton ke bioskop.

Dalam hal ini, Anda harus bisa membuat rencana sebaik mungkin. Jangan sampai anggaran biaya lain-lain membengkak karena tidak terkontrol. Anda harus bisa mengendalikan diri sebaik mungkin supaya gaji tidak habis sebelum saatnya.

Anggarkan untuk mengeluarkan biaya hiburan sebesar Rp. 300ribu hingga Rp. 400ribu saja.

Tips Hidup Hemat yang Bisa Dilakukan dengan Mudah

Agar Anda bisa mengendalikan pengeluaran dengan baik, berikut ini ada beberapa tips hidup hemat yang bisa dipraktekkan. 


1. Utamakan kebutuhan daripada keinginan

Yang namanya manusia tidak luput dengan beragam keinginan yang tak terkira. Anda harus bisa mengontrol keinginan tersebut. Buatlah daftar beberapa barang yang akan dibeli. Prioritaskan yang menjadi kebutuhan.

2. Jaga Kesehatan

Menjaga tubuh selalu dalam keadaan sehat juga termasuk sebagai cara hidup hemat. Saat tubuh sehat, kita tidak membutuhkan biaya berobat ke dokter. Bayangkan ketika Anda sakit. Anda perlu pergi ke rumah sakit untuk berobat. Misalkan sudah dicover oleh asuransi, tetap saja Anda harus mengeluarkan biaya untuk transportasi dan biaya lain-lain.

3. Manfaatkan liburan di tempat yang murah

Setiap manusia membutuhkan refreshing untuk menyegarkan otak setelah lelah bekerja. Anda bisa menghemat biaya liburan dengan memilih beberapa tempat wisata yang biaya tiketnya murah. anda juga bisa memanfaatkan tiket penerbangan saat harga promo.

4. Membawa bekal saat kerja

Agar lebih berhemat, Anda bisa membawa bekal ketika bekerja. Selain berhemat, masakan dari rumah lebih sehat dan bergizi. Selain itu, Anda pun bebas menentukan menu masakan sesuai dengan selera.

5. Membeli Barang Investasi

Jika ada uang lebih, lakukan investasi. Anda bisa menggunakannya untuk membeli tanah atau emas. Menyimpan tabungan dalam bentuk uang lebih riskan terpakai. Terutama saat ada godaan diskon besar-besaran.

Selalu prioritaskan kebutuhan dibandingkan keinginan. Anda pun harus berprinsip jangan sampai besar pasak daripada tiang, yang artinya lebih besar pengeluaran daripada pendapatan.