Pilih Mana Ya, Kontrakan atau Apartemen jika Tinggal di Depok?

Depok menjadi salah satu kota destinasi yang dipilih oleh para pendatang. Mereka yang merantau ke kota ini perlu mencari hunian baru sebagai tempat tinggal. Banyaknya pendatang baru yang memilih Depok karena kota ini letaknya strategis. Dari tahun ke tahun selalu saja ada pendatang baru.


Hunian di Depok beragam, mulai dari kost, apartemen hingga rumah kontrakan. Namun untuk memilihnya, terkadang cukup menguras pikiran. Hal ini disebabkan oleh beberapa pertimbangan. Sebelum memutuskan untuk memilih apartemen atau kontrakan, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa hal terkait sewa property.

Kontrakan atau Apartemen? Pertimbangkan Hal Berikut untuk Memilih

Anda bingung ingin tinggal di rumah kontrakan atau apartemen? Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dipertimbangkan. Anda pun bisa memutuskan pilihan sesuai dengan kebutuhan. Jadi, jangan sampai salah pilih.

Tinggal Sendiri atau Bersama Keluarga

Pertimbangan pertama adalah mengenai berapa banyak orang yang akan tinggal dalam hunian tersebut. Jika Anda single atau masih sendiri, maka apartemen akan lebih cocok. Pilihlah apartemen jenis studio yang ukurannya kecil sehingga sesuai dengan kebutuhan.

Namun jika Anda akan tinggal bersama anggota keluarga, Anda bisa memilih apartemen dengan ukuran lebih luas maupun memilih tinggal di rumah kontrakan. Setidaknya untuk empat orang, apartemen masih bisa dipilih sebagai hunian. Namun jika lebih dari itu, maka rumah kontrakan menjadi pilihan yang lebih baik kecuali Anda mampu membayar Saw apartemen dengan ukuran yang lebih luas.

Jarak

Hal kedua yang perlu dipertimbangkan adalah mengenai jarak atau lokasi bangunan. Biasanya, apartemen berlokasi di pusat kota sehingga lebih mudah menjangkau tempat kerja maupun fasilitas umum lainnya. Sedangkan rumah kontrakan biasanya berada lumayan jauh dari pusat kota yang akan membuat Anda memakan waktu lebih lama untuk bekerja. Meskipun demikian, harga rumah kontrakan mungkin jauh lebih murah. 

Harga

Harga memang menjadi salah satu kunci utama dalam mengambil keputusan. Harga rumah kontrakan dan sewa apartemen setiap tahunnya memang meningkat. Namun jika dibandingkan lebih lanjut, harga rumah tapak justru lebih mahal dibandingkan dengan harga apartemen 

Fasilitas

Fasilitas juga bisa menjadi hal penting untuk dipertimbangkan ketika akan memilih kontrakan ataupun apartemen. Bandingkan fasilitas apartemen dan rumah yang akan dikontrak. Pilihlah properti yang sesuai dengan tujuan Anda.

Baik tinggal di apartemen maupun di rumah kontrakan sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Pertimbangkan keempat hal di atas sebelum menentukan pilihan. Anda harus dapat mengambil keputusan dengan tepat sesuai dengan kebutuhan.

Tinggal di apartemen memang mendapatkan kenyamanan yang ekstra namun harga sewanya mahal. Sementara itu, tinggal di rumah kontrakan harga sewanya lebih murah namun fasilitas yang didapatkan tidak sama seperti di apartemen. Bagaimana, sudahkah menemukan pilihan?